Sabtu, 10 Desember 2016

Sistem Reservasi Abacus

Global Distribution System (Abacus) di Bisnis Penerbangan
Sistem Teknologi Informasi yang handal sangat diperlukan di dalam bisnis penerbangan.
Manajemen sistem penanganan penumpang sangat memerlukan bantuan teknologi informasi yang akurat untuk meminimalkan delivery pelayanan yang tidak memuaskan. Sistem Teknologi IT yang utama dalam bisnis penerbangan adalah System Reservasi atau sering diistilahkan dengan CRS (Computer Reservasi System) yang fungsi nya adalah menampilkan informasi produk dan fasilitas suatu airlane seperti jadwal penerbangan, dan pesawat yang digunakan.
System Reservasi merupakan sistem teknologi IT tingkat tinggi. karena membutuhkan resource yang banyak baik hardware dan software nya. dimana perlu pe programan yang kompleks dan sistem data base yang sangat besar.

Hanya saja, mengingat system masing masing maskapai adalah banyak yang berbeda sehingga berdampak pada sulit jalur distribusi memberi pelayanan ke konsumen seperti booking maupun penjualan tikte yang dijual oleh travel agent, Apabila di paksakan maka sebuah Travel Agent harus mempunyai lebih dari satu system sesuai dengan jumlah tiket maskapai yang dijual nya. Hal tsb berdampak pada biaya investasi yang membengkak untuk pembelian system masing-masing maskapai. oleh karena itu timbul ide untuk menggabungkan semua system maskapai kedalam satu system yang selanjutnya disebut mega CRS. Satu system yang selanjutnya mempunyai dampak yang menguntungkan untuk Travel Agent karena biaya investasi sistem oleh Travel Agent menjadi lebih murah. baik dari sisi hardware maupun biaya koneksi (networking). 

Mega CRS atau dikenal GDS (Global Distribution System) ini sebenarnya hanya perpanjang system resevasi (CRS) dari masing masing maskapai yang disatukan kedalam satu system yaitu pada layar komputer sehingga travel agent akan dapat melihat semua info produk penerbangan yang ada awalaupin maskapainya berbeda beda. Hanya saja, maskapai perlu menjadi mebre ke dalam system Mega CRS terserbut agar produknya dapat terlihat pada sistem Mega CRS. Member GDS biasa disebut dengan level partisipasi. 
GDS berfungsi sebagai alat saluran distribusi penjualan yang memberikan kemudahan kepada calon penumpang untuk memperoleh produk Airlane/penerbangan yang berpartisipasi dengan nya. dan fungsi lainnya adalah untuk memperluas jaringan distribusi masing-masing maskapai.

Beberapa contoh GDS (Global Distribution System/Mega CRS)
Kode :                   Nama :
1. 1A                     Amadeuz
2. 1B                     Abacus Distribution System
3. 1G                     Galileo International
4. 1S                      Sabre
5. 1P                      Wordspan
6. 1V                      Apollo

Tingkat pastisipasi maskapai antara lain sering disebut sebagai berikut :
Full Avaibility
Answer Back
Direct Access
Direct Connect Sell
Direct Connect Avaibility
Sebagai konsekuensi transaksi bisnis, maka maskapai yang bergabung dalam system GDS dikenakan biaya (fee) yang besarnya tergantung dari tingkat partisipasi dan jumlah transaksi yang terjadi. beberapa GDS memperlakukan booking fee ber variatif sesuai dengan tingkat partisipasi.

Seperti halnya Sistem SABRE, Abacus juga menggunakan entri yang hampir sama. Berikut tampilan welcome screen dari abacus

Abacus Distribution System Adalah Global Distribution System (GDS) Yang Menyediakan sistem reservasi bagi travel agent dan airlines

Tampilan Abacus




Sebelum mulai masuk dalam reservasi, ada satu hal yang harus diketahui oleh setiap reservation staff, yaitu keybord mapping. Dalam menggunakan Abacus diperlukan karakter tertentu yang tidak ada secara langsung di keyboard komputer. Berikut karakter yang digunakan dan tombol pada keyboard yang merepresentasikannya.

Karakter ¥ (andy), tombol yang harus ditekan adalah tombol ' (tanda petik), letaknya disebelah tombol ; (titik koma)
Karakter * (display), tombol yang harus ditekan adalah tombol = (sama dengan), letaknya disebelah angka 0 (nol)
Karakter § (dollar), tombol yang harus ditekan adalah tombol \ (back slash)
Karakter ¤ (chain) , tombol yang harus ditekan adalah tombol [ (buka kurung), letaknya disebelah tombol P.


Langkah-langkah reservasi dasar dalam Abacus adalah sebagai berikut:

1. Cek Seat availability dengan perintah 1(tglbln)(rute)(chain)(Airline) kemudian enter, misal 118JULJOGKUL¤MH. Tampilannya adalah sebagai berikut:


2. Dapat kita lihat hasil pencarian kita, untuk menentukan kelas apa yang bisa kita ambil maka kita perlu membuka fare quote dengan perintah FQ(rute)(tglbln)-(airline) kemudian enter. Contohnya FQJOGKUL18JUL-MH. Sistem akan merespond sebagai berikut:



 Dapat kita lihat bermacam-macam booking kelas yang tersedia untuk rute tersebut. Misalnya penumpang ingin penerbangan OW saja, maka kita cek bahwa kelas terrendah adalah kelas S, maka kita ambil kelas tersebut.


3.Untuk mengambil seat menggunakan perintah o(jmlhpax)(booking class)(segmen) kemudian enter. Misal 01s13. Respond sistem adalah:

 4.Selanjutnya tinggal memasukkan data-data penumpang seperti nama (menggunakan -(nama)), nomor telepon (menggunakan 9(notelp)), informasi agent(menggunakan N*¤§ NM1/(nama staff agent)-A , memasukkan time limit (menggunakan 7TAW/), setelah itu recieve from (menggunakan 6(inisial)) dan mengakhiri transaksi dengan ER. Berikut tampilannya:



5.Hasil dari reservasi tadi adalah sebagai berikut:
















http://reservasi.blogspot.co.id/

2 komentar:

  1. Mau belajar Sabre, Amadeus dan Altea bisa juga kunjungi www.gondonesia.com

    BalasHapus
  2. Kalo untuk belajar pribadi, apakah ada rekomendasi sistemnya yg terjangkau harganya?

    BalasHapus